http://jualkursirodarumahsakit.blogspot.com Beksi Tradisional H. Hasbullah | Pemersatu Masyarakat Betawi ~ Jual Kursi Roda Rumah Sakit
DUMEDPOWER ADALAH PERUSAHAAN YANG BERGERAK DALAM BIDANG PENGADAAN PERALATAN KESEHATAN DAN RUMAH SAKIT - ALAT PERAGA KESEHATAN - LABORATORIUM - RADIOLOGY >>> PEMESANAN HUBUNGI : TN.FUAD AHMAD TELPON : 021-42802577 MOBILE : 0813-1590-4286 PIN BB : 59B55832 atau 5CE96370 WEBSITE : www.dumedpower.com

Jumat, 02 Oktober 2015

Beksi Tradisional H. Hasbullah | Pemersatu Masyarakat Betawi

Sabenuh-Masir-Guru-Besar-Beksi-Tradisional-H-Hasbullah

Beksi Tradisional H. Hasbullah adalah pemersatu orang-orang betawi, selain sebagai sarana seni beladiri di Beksi ini juga ditanamkan tentang pembangunan mental manusia dengan mengajarkan bagaimana tetap mempertahankan budaya leluhur kita sebagai bangsa yang beradab dan saling menghormati kepada sesama serta seni tradisional agar tidak punah ditelan jaman. 

Tokoh yang masih mempertahankan Beksi Tradisional H. Hasbullah saat ini adalah guru besar Bapak Sabenuh Masir, beliau mengabdikan dirinya menjalankan amanah dengan istiqomah, sabar dan ikhlas selama lebih kurang 40 tahun lamanya. Banyak hal-hal positif yang dapat kita ambil dari pengalamannya sebagai pelatih Beksi Tradisional H. Hasbullah yang dapat kita ambil dan menjadi manfaat buat kita sebagai generasi-generasi muda penerusnya untuk dapat kita jadikan suri tauladan. 

Suka duka beliau menjalankan amanah ini tak luput juga dari dukungan istri beliau yang mana merupakan anak dari H. Hasbullah yang dengan sabar mendampingi beliau menjalankan tugas dan amanah dari orang-tua atau mertuanya untuk tetap mempertahankan peninggalan budaya dan seni ilmu beladiri ini agar tetap terjaga. 

Bapak Sabenuh Masir adalah sosok orang betawi yang patut kita teladani, karena dari beliaulah Beksi Tradisional H. Hasbullah saat ini semakin berkembang dikarenakan keseriusan beliau dalam menjalankan amanah. Dalam prosesnya, sebelum setiap murid-muridnya mulai berlatih jurus-jurus Beksi Tradisional H. Hasbullah, beliau berhasil membuat formasi dasar yang berjumlah 9 formasi untuk mempermudah murid-muridnya dalam proses awal pembelajaran sebelum memasuki pelajaran jurus-jurus Beksi Tradisional H. Hasbullah yang terdiri dari 12 jurus. Selain sudah menguasai 5 dari 6 jurus ciptaan Kong Has (H. Hasbullah), beliau juga sudah berhasil membuat 2 jurus tambahan yang lebih canggih dari jurus panca lima yang hilang dari hasil pengembangan beliau selama menjadi pelatih seperti Jas putih kancing tiga, serangan balik. 

Belajar Beksi Tradisional H. Hasbullah di ibaratkan sebagai sebuah golok dengan sarungnya, yang artinya belajar Beksi Tradisional H. Hasbullah juga harus di imbangi dengan keimanan kita kepada sang maha kuasa agar kita tetap menjadi pribadi yang baik dan tidak sombong. Dalam setiap akan memulai latihan, beliau mengajarkan untuk selalu dimulai dengan berdoa dengan selalu mendoakan kedua orang tua masing-masing dan memohon kepada Allah agar diberikan kemudahan dan kelancaran dalam belajar ilmu beladiri ini. Dan setelah selesai belajar diakhiri dengan penutupan doa dan saling berjabat tangan. Disinilah nilai-nilai budaya tradisional yang baik yang masih diajarkan kepada setiap murid-muridnya untuk selalu tidak lupa akan jasa-jasa kedua orang tua dan guru yang sudah mengajarkan kita hingga kita menjadi pintar, sholeh dan tau tatakrama serta sopan santun yang sudah mulai hilang sekarang ditelan perkembangan jaman dan budaya luar. 

Demikianlah artikel ini kami sampaikan untuk dapat menjadi bahan pembelajaran dan renungan kita bersama akan pentingnya tetap menjaga adat istiadat dan budaya tradisional di negara ini agar tetap dapat terjaga dan terlindungi sebagai benteng pertahanan kita dan keluarga dari pengaruh-pengaruh negatif pergaulan bebas yang dapat merusak generasi-generasi penerus bangsa yang kita harapkan sebagai tunas-tunas muda yang akan menjadi generasi penerus bangsa nantinya. 

Apabila dalam penyampaian artikel ini ada kekurangan atau kelebihan yang kurang berkenan, atas nama saya pribadi mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya, karena kesalahan hanya milik manusia dan kesempurnaan hanya milik sang Maha Kuasa. 

Logo-Baru-Beksi-Tradisional-H-Hasbullah-Indonesia